Cara Edit Nama dan Tanggal Lahir di Verval PD Kemdikbud

VERVAL PD KEMDIKBUD - Untuk menyambut ujian nasional dan ujian sekolah tahun 2017, semua sekolah baik itu di jenjang pendidikan SD, SMP, maupun SMA/SMK diminta untuk mulai mempersiapkan data peserta ujian nasional/sekolah yang valid. Data valid yang dimaksud bersumber dari dokumen yang SAH seperti Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga. Data tersebut nantinya akan di sinkronkan dengan aplikasi Dapodik sehingga terdaftar pada Daftar Peserta UN/US 2017.

Namun sayangnya, hingga saat ini aplikasi Dapodik 2016 versi terbaru masih belum tersedia dengan fitur edit Nama dan Tanggal Lahir. Namun sebagai alternatifnya, ada 2 pilihan yang dapat dilakukan yakni dengan menggunakan aplikasi BIOUN 2017 yang baru bisa gunakan sesuai dengan instruksi dari Dinas Pendidikan masing-masing daerah atau dengan menggunakan fitur edit nama dan tanggal lahir di situs Verval PD Kemdikbud. Nah, diartikel kali ini kita hanya akan membahas tentang cara edit nama dan tanggal lahir di verval pd kemdikbud. Sedangkan untuk aplikasi BIOUN 2017 akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Panduan Cara Edit Nama dan Tanggal Lahir di Verval PD Kemdikbud

Merubah data khususnya di bagian nama dan tanggal lahir pada situs verval pd kemdikbud sebenarnya tidak begitu sulit. Yang Anda butuhkan hanyalah dokumen yang sah seperti Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga yang sudah di scan. Namun terkadang yang menjadi masalah adalah proses aproval-nya yang memakan waktu yang cukup lama dan tidak ada kepastian akan jadwalnya. Nah, untuk lebih jelasnya berikut cara edit nama dan tanggal lahir di situs verval pd kemdikbud selengkapnya.

1. Silahkan akses halaman verval pd http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ lalu login dengan akun Dapodik sekolah masing-masing.

2. Selanjutnya buka Tab "Edit Data" > "Pengajuan" lalu pilih "NISN / Nama & Tanggal Lahir".


3. Sebagai contoh saat ini kita ingin merubah Nama dan Tanggal Lahir, maka untuk selanjutnya silahkan Pilih Siswa yang ingin dirubah datanya. Lalu tekan tombol "Ok" untuk melanjutkan.


4. Dihalaman berikutnya Anda akan melihat halaman pengajuan perubahan nama & tanggal lahir. Silahkan isikan semua form yang diminta lalu upload dokumen yang sah (Akte Kelahiran / Kartu Keluarga) Asli yang sudah di scan. Lalu akhiri dengan menekan tombol "pengajuan perubahan".


5. Untuk langkah selanjutnya Anda hanya perlu menunggu hingga proses pengajuan perubahan nama dan tanggal lahir disetujui. Untuk jangka waktunya sendiri masih belum jelas, namun biasanya akan memakan waktu 2 - 4 minggu, untuk itu pastikan setiap minggunya Anda melakukan pengecekan status pengajuan perubahan untuk mengetahui perkembangannya.



Gambar diatas merupakan contoh hasil pengajuan perubahan nama dan tanggal lahir. Ada beberapa yang sudah disetujui perubahan datanya, dan ada pula yang ditolak. Nah, khusus untuk yang ditolak biasanya alasannya karena dokumen yang di upload tidak sah. Jika yang Anda upload adalah Akta Kelahiran / Kartu Keluarga hasil fotocopy yang selanjutnya di scan. Maka sudah pasti proses pengajuan akan di tolak. Namun untuk mensiasatinya jika yang tersedia hanya dokumen fotocopy saja, maka silahkan di leges Kepala Sekolah terlebih dahulu baru di Scan. Sehingga menjadi dokumen yang sah untuk verval pd kemdikbud.

Related Posts:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Cara Edit Nama dan Tanggal Lahir di Verval PD Kemdikbud"

Posting Komentar