Cara Menghapus Sarana dan Prasarana di Dapodikdas 2015

Menghapus sarana dan prasana di dapodikdas versi 4.0.0 atau dapodikdas 2015 memang berbeda dengan versi sebelumnya. Jika di versi sebelumnya menghapus sarpras dapodikdas cukup menghapus data sarpra pada tahun pelajarannya sebelumnya, maka di dapodikdas 2015 tidak bisa seperti itu. Dapodikdas 2015 hanya tersedia untuk tahun pelajaran 2014/2015 semester 1 dan 2 serta tahun pelajaran 2015/2016 semester 1. Sedangkan persyaratan untuk dapat menghapus sarana dan prasarana harus menghapus data sarpras awal (saat pertama kali OPS input data dapodik).


Lalu jika memang tidak dapat dihapus, adakah cara lain untuk menghapus sarana dan prasarana dapodikdas 2015? Berdasarkan informasi resmi yang disampaikan oleh KK Datadik Bpk Yusuf Rokhmat melalui halaman Info Pendataan Ditjen Dikdas, "Jenis Prasarana" cukup diubah dengan nama "Lainnya".


Untuk lebih jelasnya bagaimana cara menghapus sarana dan prasana, lihat panduan dibawah ini:

1. Silahkan login ke localhost dapodikdas 2015 dan buka tab "Sarpras".
2. Pilih Sarpras yang ingin dihapus, lalu edit pada bagian "Jenis Prasarana" dan ganti dengan "Lainnya" dan lakukan perubahan seperlunya, lalu "Simpan".


3. Jika Anda melakukan perubahan/menghapus data sarpras jenis "Ruang Kelas" pastikan bahwa data tersebut sudah terisi dengan benar di bagian "Rombongan Belajar". Jika sudah sesuai, lanjutkan dengan melakukan validasi dan segera sinkron ke server dapodikdas.

Related Posts:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

4 Responses to "Cara Menghapus Sarana dan Prasarana di Dapodikdas 2015"

  1. gak berhasil,.. mas di hapus... tetap muncul saat validasi...

    BalasHapus
  2. sama aku punya juga bgtu,, tetap muncul di validasi...

    BalasHapus
  3. tak bisa naek2 datanya BOS masih ada invalid, padahal sudah dihapus sarpasnya, tetap msh ada di tabel prasarana....sampai kriting ni tangan.....semua tutorial sdh dicobak, tetap juga sama, jadi tak bisa naek2 bah......

    BalasHapus